Kelola Laundry Asal Percaya ? Ambyar...

Admin bilas : 03/02/2025

Modal percaya, ambyar deh!
Curahan hati orang ambyar gara-gara terlalu percaya dengan rekan kerjanya cukup banyak jika dibahas satu per satu. Rata-rata kepercayaan itu tumbuh karena mereka mendirikan usaha dengan sistem join atau ada juga karena menganut sistem kekeluargaan.
Tak sedikit yang percaya pada karyawan karena tak sempat mengelola bisnisnya, jadi owner mempercayakan bisnisnya pada satu orang pegawai agar mengurus outlet laundry sepenuhnya.
Banyak lho, owner yang tak mau turun tangan karena kebanyakan buka bisnis dan beberapa punya alasan soal jauhnya jarak antara lokasi usaha dengan tempat tinggal owner. Nggak usah ribet, pokoknya owner terima beres aja! Apakah kamu termasuk owner tipe terima jadi?!
Tak masalah jika memang kamu tidak bisa langsung turun tangan mengurus laundrymu. Namun sehat atau tidak usaha yang kamu percayakan pada pegawai juga perlu kamu tahu.
Selama kamu tidak berada di outlet laundry, tahu nggak kendala apa saja yang terjadi?
Tahu dong, setiap saat aku akan menelpon orang kepercayaanku dan menanyakan bagaimana keadaan disana.
Ya, sering berkomunikasi dengan pegawai juga jadi salah satu bentuk perhatianmu terhadap usaha laundry yang sedang kamu bangun. Sudah cukupkah dengan menelpon orang kepercayaanmu itu? Bagaimana dengan manajemen keuangan outlemu?
Seminggu atau sebulan sekali aku datang ke outlet untuk melihatnya, kadang pegawaiku mengirim laporan via email, jadi cukup mudah untukku memahami arus keuangan outlet laundry.
Selain praktis dan hemat tenaga, menggunakan fasilitas online seperti surat elektronik adalah jalan terbaik. Owner juga memasang kamera pengintai untuk mengetahui keadaan outlet secara realtime.
Bisa, segala upaya untuk kebaikan. Namun, harus kita lihat juga bagaimana tingkat keloyalan pegawaimu. Masing-masing pegawai punya karakter sendiri. Ini harus kamu ketahui sejak awal merektrut atau menunjuk orang kepercayaanmu .
Jika ada keterikatan tali persaudaraan antara kamu dan orang kepercayaanmu, mungkin ini akan jadi mudah karena ‘saudara’ pasti bisa dipercaya. Begitu juga jika kamu dan orang kepercayaanmu adalah sahabat yang sudah saling mengetahui sifat dan perilaku masing masing.
Lalu jika dari awal kamu mempercayakan outlet pada orang baru berarti ini adalah kebaikan hatimu untuk menyerahkan pengelolaan sepenuhnya pada pegawai.
Namun, tak sesederhana itu kesimpulan dari rasa saling percaya. Entah dengan siapa kamu menjalin hubungan kerja, masing-masing pasti punya kekurangan dan kelebihan.
Kekurangan dari mempercayakan usahamu kepada pegawai sepenuhnya adalah hal yang tidak terlalu baik. Pernahkah kamu berfikir jika kamu sedang tidak di outlet, pegawai akan mencurangi Anda?
Oh, itu buruk sekali, tidak mungkin saya berfikir seperti itu, dia orang baik tidak mungkin akan mengkhianati saya.
Ya, namanya juga sudah percaya. Percaya adalah kunci jadi kamu tidak pernah sedikitpun berpikir negatif. Namun seperti itu kenyataannya, beberapa pegawai berlaku curang saat si bos tidak di tempat.
Memang terlalu kejam jika tiba-tiba kita menuduh pegawai kita curang, tapi curiga juga bukanlah hal yang salah. Di sisi lain, mungkin ada juga pegawai yang harus dikasihani.
Dalam hal ini adalah pegawai yang salah transaksi, misal salah memberi kembalian pada konsumen dan ujungnya harus nombok, atau pegawaimu terlalu percaya pada konsumen. Percaya pada konsumen perlu, namun berhati-hati juga penting.
Beberapa klien kami mengalami rugi karena tingkat kepercayaan pada konsumen terlalu tinggi. Kebanyakan kasus disebabkan karena pembayaran yang tertunda alias nge-bon dulu. Bahkan ada peribahasa gaul yang bilang Hiroshima dan Nagasaki hancur karena bom, usaha hancur karena bon.
Memang benar nyatanya outletmu akan bangkrut jika terlalu banyak nota tempo karena pembayaran konsumen yang tertunda padahal pesanan sudah diproses. Hal tersebut bisa menghambat cashflow outletmu.
Ya, itu karena kesalahan pegawai sendiri. Betul, namun kita juga harus telusuri kenapa hal itu bisa terjadi, apa yang salah, murni kesalahan personal atau sistem yang belum sempurna. Selain kesalahan hitung, yang kerap terjadi adalah kesalahan pada saat proses laundry, entah itu pakaian tertukar atau pakaian kena luntur.
Hal-hal kecil seperti itu yang perlu owner tahu, karena masalah kecil jika tidak dituntaskan akan menjadi boomerang untuk usaha laundrymu. Bagaimanapun, yang kita jual adalah jasa dan pelayanan. Kepuasan dan kepercayaan konsumen akan layanan kita adalah yang utama.
Kelemahan lain percaya pada karyawan adalah harga dirimu sebagai pimpinan atau pemilik usaha. Bisa jadi kamu diremehkan oleh pegawai karena intensitasmu mengunjungi outlet, mereka justru akan menganggap bahwa kamu tidak peduli pada bisnismu sendiri yang akhirnya karyawan akan menganggap enteng kehadiranmu.
Semua masalah muncul begitu saja, meskipun kamu sudah berhati-hati, sudah sangat teliti, sudah sering ke outlet bahkan kamu sudah sangat percaya pada pegawai. Siapa yang tahu dalamnya hati manusia, siapa yang tahu akan terjadi masalah, terlebih jika bukti tak bisa terlacak pasti.
Ini yang akan memperkeruh dan menimbulkan masalah baru, tak ada bukti yang pasti secara real time pada kejadian-kejadian tertentu dan sangat sulit untukmu memutuskan bagaimana kamu harus bertindak, pada bagian mana kamu harus menyalahkan.
Lalu adakah solusi dari itu semua? Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk menghindari kejadian yang tak diinginkan. Ada cara gampang dan ada cara briliant.
Cara gampang untuk menangani masalah tersebut adalah datang ke outlet setiap hari sebagai owner. Posisikan diri sebagai pengambil keputusan yang penting setiap harinya di outletmu.
Sebagai seorang pegawai, kamu wajib disiplin pada konsumen laundry karena semua transaksi di outlet adalah tanggungjawabmu. Terutama untuk konsumen yang hobi nge-bon atau bayar belakangan.
Cara selain itu ada nggak? Jadi owner nggak usah ke outlet, bisa kontrol pegawai, bisa tahu kejadian disana seperti apa.
Ada cara briliant dong! Hadir untukmu BILAS Outlet!
Sudah kepo www.bilas.id ?
Briliant!
BILAS adalah aplikasi manajemen laundry autopilot. Semua bisa dilihat dalam genggaman tangan. Perlunya manajemen laundry autopilot selain praktis dan efisien, BILAS mampu membantumu menangani keribetan atur manajemen laundry.
Masuk aplikasi BILAS dan tap pada ikon Laporan. Keraguan owner pada karyawan dan konsumen bisa terkonfirmasi dengan tap Laporan Keuangan dan Laporan Pegawai.
Pada laporan keuangan, kamu bisa cek :
- arus kas masuk dan keluar
- pendapatan transaksi di outlet
- pengeluaran outlet untuk apa saja
- pendapatan lain, seperti minuman atau beberapa item lain yang kamu jual selain transaksi laundry
- piutang, bisa terlihat juga siapa saja yang bon di outletmu .
Pada laporan keuangan bisa dipilih periode yang diinginkan. Kamu bahkan bisa set tanggal secara custom. Dari laporan keuangan, kamu bisa melihat bagaimana perjalanan atau arus uang outletmu, termasuk jika ada kesalahan hitung oleh karyawanmu.
Lalu apa kegunaan laporan pegawai? Laporan pegawai berfungsi untuk melihat performa karyawanmu. Pada laporan pegawai terlihat seperti apa performa Admin, performa produksi dan kurir outletmu.
Detail pada laporan pegawai akan terlihat sub-menu:
- Admin, akan terlihat konsumen siapa saja yang transaksinya masuk. Input data ini dilakukan oleh akun Admin
- Cuci, pada sub-menu ini menunjukkan siapa saja yang pakaiannya masuk ke proses cuci.
- Pengeringan, pakaian masuk pada proses pengeringan
- Setrika, pakaian masuk pada proses setrika. Pada proses ini tindakan masih dilakukan oleh akun karyawan produksi.
- Packing, masuk ke proses packing berarti pakaian memasuki tahap finishing.
- Kurir, pakaian siap diantar dan ini adalah tugas akun karyawan bagian kurir untuk memprosesnya.
Dalam Laporan Karyawan tetap bisa dipilih periode yang diinginkan, misalkan hari ini saja kamu ingin melihat atau sampai satu bulan kedepan, bahkan bisa kamu pilih tanggal yang kamu inginkan, tinggal tap pada menu custom lalu sesuaikan tanggal.
Sederhana saja dan sangat briliant jika kamu gunakan BILAS saat ini esok dan seterusnya. Terus langganan BILAS dengan segudang manfaat. Dan Built Your Information Laundry Acces System.
ditulis oleh -winny ajeng-
Lihat Artikel Lainnya
Kebijakan Kerja Efektif untuk Meningkatkan Disiplin Karyawan Laundry

Agenda Training Berkala untuk Tingkatkan Kualitas Karyawan Laundry

Pentingnya SOP Laundry untuk Efisiensi Operasional Bisnismu

Strategi Mengatasi Karyawan Tidak Produktif di Bisnis Laundry

4 Kuadran SDM Cara Mengelola Karyawan Laundry secara Efektif