Bisnis Laundry Autopilot : Bisnis Praktis Masa Kini Dapat Omzet Puluhan Juta

Admin bilas : 02/02/2025

Sama sekali tak berlebihan, kalau kita sebut bisnis laundry tak pernah surut peminat. Karena faktanya masyarakat jadi semakin butuh laundry, apalagi penduduk metropolitan dengan mobilitas tinggi dan kesibukan luar biasa. Masyarakat metropolitan atau daerah perkotaan lain yang semakin sibuk, hanya punya sedikit punya waktu untuk melakukan pekerjaan rumah mereka, termasuk mencuci pakaian sendiri. Padahal itu kebutuhan wajib agar selalu tersedia pakaian bersih untuk beraktivitas.
Keterbatasan waktu dan tenaga ini yang mendorong mereka akhirnya mencari jasa laundry. Tidak masalah mengeluarkan beberapa rupiah untuk membuat pakaian mereka bersih kembali daripada harus capek mencuci sendiri ditengah kesibukan yang merayap. Bisnis Laundry akhirnya hadir sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat masa kini. Semakin banyak permintaan, semakin menjamur pula usaha Laundry. Tidak hanya kota besar, kini juga banyak di kota-kota kecil dan kabupaten. Pada akhirnya menuntut pelaku usaha Laundry semakin profesional.
Profesional dalam hal layanan yang tepat dan cepat, sistem pembayaran yang mudah dan terjamin, harga yang kompetitif, hasil cucian yang bersih dan wangi, dan banyak lagi. Pelanggan akan terus menuntut semakin baik dan membandingkan mana laundry yang paling nyaman, cepat, bersih, wangi, murah dan zero masalah. Supaya bisa memenuhi semua kebutuhan pelanggan, pelaku bisnis laundry harus mengelola bisnisnya dengan baik. Mulai dari pegawainya, sistem keuangannya, dan kualitas pelayanannya. Tiga hal inilah yang kerap kali menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku usaha laundry.
Betapa beruntungnya, di era serba digital saat ini masalah-masalah itu bisa diatasi dengan mudah dan profesional dengan bantuan teknologi digital aplikasi khusus laundry. Dengan bantuan aplikasi, kita bisa menjalankan bisnis laundry autopilot secara otomatis. Kamu bisa menjalankannya tanpa repot. Dari segi pengelolaan keuangan, pegawai hingga manajemen pesanan laundry sampai pembayaran yang mudah. Semuanya bisa dilakukan dengan bantuan Aplikasi Bilas Outlet yang membantu Kamu memanajemen laundry tanpa repot!
Lalu dengan tiga kendala tadi, bagaimana mengatasinya?
Performa Pegawai Laundry
SDM atau pegawai laundry adalah unsur terpenting yang harus kita perhatikan dalam mewujudkan layanan pelanggan yang memuaskan. Pegawai laundry juga sumber daya Kamu yang berharga sebab tanpa mereka bisnis Kamu juga tidak bisa berjalan, meskipun outlet Kamu ramai pelanggan. Karena itulah Kamu tidak boleh menyepelekan pegawai laundry Kamu.
Masalah yang biasa terjadi dari segi SDM ini diantaranya: adanya performa SDM yang kurang baik. Ada SDM yang sangat rajin hingga menghasilkan banyak cucian laundry, namun ada pula SDM Kamu yang kurang rajin. Ketimpangan ini biasa terjadi dalam berbagai bisnis memang. Namun akan lebih baik jika Kamu dapat mengetahui masalah ini lebih awal sehingga bisa merumuskan solusi menanganinya dengan tepat. Bagaimana Kamu akan bertindak pada si rajin dan si malas.
Persoalan ketimpangan kinerja ini juga akan berimbas pada keadilan pembagian gaji atau insentif untuk pegawai Kamu. Terlebih jika selama ini Kamu menggaji berdasarkan hasil pekerjaan atau harian, bukan bulanan, maka Kamu perlu perhitungan yang lebih rinci dan transparan mengenai tingkat kinerja mereka.
Pasti akan sangat repot dan butuh ketelitian yang tinggi jika Kamu menghitung dan mencatat semuanya secara manual. Belum lagi resiko, salah hitung dan potensi keliru data yang mungkin terjadi. Bisa dibayangkan jika ada masalah penggajian dan insentif ketika data yang Kamu catat keliru atau salah hitung, akan terjadi konflik dengan pegawai, yang pastinya tak Kamu harapkan.
Melalui Aplikasi Bilas Outlet Kamu bisa memanfaatkan tools kelola pegawai untuk memanajemen SDM Kamu. Dalam tools itu Kamu bisa bereskan semua ini :
- mendata absensi pegawai,
- mendata jumlah pekerjaan yang diselesaikan,
- mendata pesanan siapa saja yang dikerjakan
- tahu siapa yang bertanggung jawab atas pelanggan tertentu, dan
- merekapitulasi semua catatan hasil pekerjaan itu dalam harian, mingguan dan bulanan.
Pegawai Kamu juga bisa memeriksa dan menambahkan pesanan siapa saja yang dia kerjakan, dan Kamu bisa memonitor juga mengontrol secara transparan. Dengan sistem ini, Kamu dan pegawai bisa saling memonitor dan membuat catatan hasil pekerjaan yang jujur dan transparan.
Dengan kemudahan pencatatan data secara digital ini, Kamu juga tidak perlu khawatir catatan akan terselip, hilang, tinta luntur dan sebagainya, sebab data akan disimpan digital. Selain itu juga ada sistem cloud untuk penyimpanan data Kamu, jadi tidak perlu khawatir hilang ketika Kamu berganti device atau memori penuh. Kamu selalu bisa mengakses dan mengupdate data kepegawaian Kamu dimanapun kapanpun. Praktis bukan?
Seringnya tertukar barang dan hilang
Masalah ini juga sering terjadi dan rawan sekali terjadi. Barang pelanggan yang tertukar apalagi hilang akan menjadi keluhan besar yang akan selalu mereka ingat. Karena bisa jadi barang-barang itu adalah berharga untuk mereka, bisa jadi harganya yang mahal atau memiliki kenangan yang kuat.
Jika hal ini sampai terjadi, sebenarnya yang dirugikan bukan hanya pelanggan Kamu saja, tapi juga usaha laundry Kamu. Citra bisnis Kamu akan rusak oleh keluhan pelanggan yang kecewa. Terlebih di jaman serba teknologi yang mana setiap orang bisa menyebarkan berita di media sosial. Bayangkan saja jika satu pelanggan kecewa lalu dia menyebarkan kekecewaannya pada usaha laundry Kamu kepada 10 grup komunitasnya yang masing-masing berisi 100 orang. Bukankah sudah bisa dikatakan laundry Kamu kehilangan 1000 calon pelanggan?
Bagaimana jika kejadian salah barang, tertukar bahkan hilang ini tidak hanya terjadi satu kali saja? Tapi sering!
Bukankah kerugian material dan nonmaterial untuk bisnis Kamu semakin besar juga?
Oleh karena itulah, masalah ini harus segera diatasi sebelum citra perusahaan yang Kamu bangun mati-matian, tiba-tiba hancur luluh lantah karena komentar pelanggan yang kecewa.
Apa yang membuat tertukarnya barang atau kehilangan terjadi? Seringnya karena pegawai yang teledor.
Mereka lupa barang apa saja yang berada dalam satu kresek pelanggan. Mengingat betapa banyak potongan pakaian yang datang untuk dibersihkan, potensi lupa jelas sangat besar. Apalagi pegawai kita tidak mengenal pakaian-pakaian itu milik siapa. Menyalahkan pegawai saja juga tidak menyelesaikan masalah.
Lantas bagaimana?
Kamu bisa mulai memperbaikinya lewat sistem manajemen yang tepat!
Tertukarnya barang bisa terjadi kalau proses pencuciannya tercampur antar pelanggan dan hal ini sangat tidak kami sarankan. Jika sistem pencucian campur masih Kamu terapkan, berarti sistem pencuciannya yang perlu dibenahi. Ganti dengan sistem satu mesin cuci untuk satu pelanggan. Selain cucian yang tercampur, kadang akan ada masalah lanjutan yakni, urutan prosesnya. Tentu saja setiap pelanggan ingin miliknya di proses lebih dulu dan cepat selesai. Namun tetap lihat layanan apa yang dipilih konsumen, jika layanan yang dipilih adalah layanan ekspress tentu akan lebih cepat selesai dibanding dengan layanan reguler. Bayangkan saja betapa pusingnya Kamu dan pegawai untuk memproses semua data-data itu hanya dengan catatan manual. Belum lagi jika pesanan laundry ramai! Duh!
Inilah saatnya Kamu mencoba menjalankan laundry autopilot yang semua urutan pengelolaan data dan proses dicatat otomatis. Hanya dengan aplikasi manajemen laundry Aplikasi Bilas Outlet yang sangat menjawab kebutuhan Kamu!
Dalam aplikasi ini terdapat fitur untuk mengatur setiap pesanan yang masuk. Mulai dari siapa pelanggan yang datang, kapan pakaian datang, berapa berat cucian, kita juga bisa tahu apakah pakaian sudah diproses atau belum lalu bisa terlihat kapan pakaian harus diantar. Pada aplikasi juga diketahui perihal status pembayaran laundry konsumen, dan berbagai fitur lain yang dapat membantu secara otomatis status pesanan pelanggan Kamu. Selain itu juga ada fitur untuk validasi item cucian pelanggan yang mana itu menjadi jawaban atas masalah tertukarnya barang yang kerap terjadi. Pegawai dan pelanggan Kamu bisa saling mencocokkan cucian melalui aplikasi sehingga sangat membantu meminimalisir kesalahan.
Laporan keuangan berantakan
Tentu saja ini jadi hal yang sangat sensitif. Tidak bisa dianggap remeh begitu saja. Karena masalah ini rentan menjadi sumber konflik dan langsung berpengaruh ke perhitungan untung rugi perusahaan jika tidak dikelola dengan baik.
Dalam perusahaan laundry, masalah-masalah yang kerap terjadi dalam segi keuangan seringkali disebabkan oleh :
- Sistem keluar masuk uang,
- Pembayaran serta pencatatan keuangannya.
Apalagi bisnis laundry yang masih manual pencatatannya berpeluang besar ditimpa masalah laporan keuangan yang berantakan.
- Metode pembayaran
Ini kadang juga menjadi masalah tersendiri ketika tidak menyediakan berbagai layanan yang memudahkan pelanggan,
- tidak ada bukti pembayaran yang jelas, dan tidak ada pencatatan yang transparan dan detail.
Masalah-masalah keuangan pada bagian pemasukan ini jika tidak difokusi akan menjadi kerugian besar, dan tidak menutup kemungkinan korupsi. Karena itu perlu metode pembayaran yang aman, terpercaya, mudah dan transparan.
Kamu tidak perlu khawatir lagi jika menggunakan aplikasi Aplikasi Bilas Outlet!
Karena aplikasi ini menawarkan metode pembayaran yang mudah. Bisa dibayarakan secara online maupun offline dan tercatat di aplikasi sehingga baik Kamu, pegawai atau pelanggan Kamu yang sama-sama menggunakan aplikasi ini memiliki bukti pembayarannya. Kamu juga akan bisa membuat rekapan pembayaran yang masuk dalam harian, mingguan dan bulanan.
Hebatnya lagi untuk laporan keuangan, Aplikasi Bilas Outlet juga membereskannya. Karena terdapat fitur yang akan membantu Kamu melakukan pencatatan kas keluar masuk secara mudah dan akurat. Kamu hanya perlu rajin mencatat dalam aplikasi berapa pemasukan dan pengeluaran secara rutin, semua datanya akan diproses secara otomatis! Hebat sekali bukan?
Sudah bukan jamannya lagi Kamu pakai cara manual kalau cara yang lebih praktis tersedia didepan mata! Saatnya Kamu gunakan kecanggihan teknologi digital untuk bisnis laundry. Apalagi berbagai fitur kini sedang dikembangkan untuk semakin memahami dan memudahkan kebutuhan Kamu menjalankan bisnis Laundry menjadi laundry autopilot.
Disadari memang, beralih ke digital sendiri bukan perkara yang lepas konsekuensi. Tentunya ada beberapa hal yang harus Kamu lalui. Misalnya, digitalisasi bisnis laundry ini akan menuntut SDM yang melek teknologi dan perangkat keras yang memadai seperti smartphone, serta jaringan internet untuk menunjang penggunaan yang optimal. Pada akhirnya hal ini akan menuntut Kamu menyediakan perangkat keras dan lunak yang juga membutuhkan biaya. Akan lebih baik juga jika pegawai Kamu mau belajar, melek teknologi dan telaten. Supaya pengembangannya bisa lebih mudah.
Memang butuh kerja keras dan pengorbanan untuk mewujudkan bisnis laundry autopilot. Namun, jika dibandingkan dengan segudang keuntungan yang akan Kamu rasakan manfaatnya, hal-hal itu sangat layak untuk diperjuangkan! Selalu ada jalan kok untuk mengatasinya! Dan satu yang siap untuk mengatasi itu semua, Aplikasi Bilas Outlet dengan segala fitur canggihnya!
Jadi, siapkah Kamu membuat bisnis laundry autopilot?
Lihat Artikel Lainnya
Kebijakan Kerja Efektif untuk Meningkatkan Disiplin Karyawan Laundry

Agenda Training Berkala untuk Tingkatkan Kualitas Karyawan Laundry

Pentingnya SOP Laundry untuk Efisiensi Operasional Bisnismu

Strategi Mengatasi Karyawan Tidak Produktif di Bisnis Laundry

4 Kuadran SDM Cara Mengelola Karyawan Laundry secara Efektif