10 Cara Jitu Mengatasi Laundry Sepi

avatar

Admin bilas : 03/02/2025

10 Cara Jitu Mengatasi Laundry Sepi

Pebisnis tak pernah mati ide untuk berinovasi. Berikut kami sedikit berikan informasi, semoga menjadi solusi di tengah pandemi. Tentunya kamu tak perlu cemas, was – was apalagi gegabah.

1. Terima dan Syukuri.

Pertama kita terima dulu keadaan ini sebagai bahan evaluasi kita selama ini, ikhlas atas apa yang terjadi. Bersyukur kita masih diberi nafas untuk hidup, karena semua bidang usaha tentunya akan melewati masa krisis.

2. Evaluasi.

Lalu kita kumpulkan data, selama berbisnis apa saja yang telah kita lalui, buat daftar upaya kebaikan apa yang telah kita beri kepada pelanggan. Dan juga, apakah ada yang kurang dalam memberikan layanan selama ini, mungkin ada baju pelanggan yang komplain karena keterlambatan layanan, baju tertukar antar pelanggan hingga sampai sekarang belum ketemu dan belum tersolusi.

3. Bandingkan.

Setelah kita buat daftar kebaikan dan kekurangan selama bisnis laundry berjalan, lalu kita bandingkan berapa jumlah kebaikan yang pernah kita berikan kepada pelanggan. Atau jangan – jangan keburukan kita malah lebih banyak daripada kebaikan yang kita berikan ? hehe.

bisa jadi kita lemah dalam memberikan pelayanan. Sederhana saja, mungkin dari sapaan ramah dan senyum hangat, akan membuat pelanggan merasa nyaman. Berikan kesan pertama yang baik kepada pelanggan.

4. Praktekkan.

Dari hasil perbandingan tadi, kita bisa tentukan mana saja yang akan kita lakukan dalam upaya memberikan layanan terbaik untuk pelanggan.

5. Tingkatkan Kualitas.
Dengan mencoba memberikan pelayanan yang jarang dilakukan laundry lain, misal dengan menyediakan pilihan parfum dengan aroma yang berbeda, GRATIS untuk pembersihan noda yang membandel pada pakaian.

sebenarnya yang paling disukai palanggan adalah memastikan atau berkomitmen dengan pelayanan tepat waktu dan tidak resiko pakaian tertukar antar pelanggan.

6. Mulai listing.
Kita bisa melihat seberapa sering pelanggan yang melakukan order ulang atau repeat order di laundry kita. Bisa juga kita buat daftar harian, per pekan, atau per bulan jumlah pelanggan yang melakukan order ulang. Kita juga bisa buatkan mini kuesioner, atau daftar pertanyaan terkait tingkat kepuasan terhadap layanan laundry yang kita berikan kepada pelanggan selama ini.

 

kamu bisa menggunakan fitur pelanggan saya (CRM) yang tersedia di aplikasi bilas outlet yang dimana kamu bisa mengetahui jumlah pelanggan dan histori transaksinya.


7. Beri Promo.

Pakai ilmu sedekah, agar rezeki tetap mengalir dan berkah meski kondisi di tengah wabah. Misalkan gratis masker & hand sanitizer untuk order diatas 5 kg.

Kebanyakan orang menyukai promo-promo yang sensasional, selain itu beri diskon bagi pemakai member, paket hemat untuk keluarga/mahasiswa selama tiga bulan, Kejutan tersebut akan mengikat mereka untuk jangka waktu yang panjang. Semakin banyak promo, semakin banyak pelanggan yang tertarik.

kamu juga bisa mengoptimalkan fitur promo, yang bisa kamu atur sesuai budget promo yang ingin kamu berikan ke pelanggan.

8. Sebarkan informasi.

Semua apa yang telah kita lakukan dan kita buat strategi akan menjadi sia – sia jika tidak ada orang yang tahu. Untuk itu hal ini lah yang harus dilakukan agar pelanggan kita tahu atas upaya yang kita kerjakan.

seperti saat ini sedang masa pandemi covid-19, Berikan informasi kuat bahwa dengan laundry ditempat kita membuat virus dan bakteri menjadi mati karena kita telah mengikuti standarisasi protocol covid-19.

Misalnya virus akan mati dengan dipanaskan dalam suhu lebih dari 40 derajat celcius melalui mesin pengering yang kamu gunakan.

Kita bisa menghemat biaya promosi dengan japri atau melakukan whatsapp chat ke pelanggan – pelanggan yang telah kita list tadi.


9. Konsisten.

Jalankan langkah 1 – 8 tadi secara berkala, setiap hari agar kamu konsisten tak hanya mengatasi sepi disaat masa krisis, namun juga menjadikan budaya baik di bisnis laundry.


10. Doa.

Semua cara telah kami bantu untuk membantu sobat semua, faktor penentu adalah pemberi rezeki. Sang Tuhan Yang Maha Esa. Minta kepada Nya agar dimudahkan atas segala upaya.

Jika kita ingin mendapatkan hasil yang berbeda maka lakukan sesuatu yang berbeda.

Jika kita ingin mendapatkan yang lebih maka lakukan sesuatu lebih dari orang lain lakukan. -@zt.mahardika co-founder bilas.id-

dari penjelasan diatas, untuk menunjang bisnis laundry kamu bisa menggunakan fitur CRM yang tersedia di aplikasi bilas outlet yang dimana kamu bisa mengetahui jumlah pelanggan dan histori transaksi

Social Media Share :

facebookinstagramwhatsapp